Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan      :    SDN 02 JATEN
Kelas/Semester            :        VI B/I (satu)
Tema                            :    Makluk Hidup           
Sub Tema                     :    Lingkungan    
Pembelajaran              :    Bahasa Indonesia
Waktu                          :     25 menit          
A.   Standar Kompetensi 
4.     
Menulis
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,
ringkasan, dialog, dan parafrase.
B.
Kompetensi Dasar            
     4.2. 
Membuat ringkasan dari teks
C. Indikator
    1. Membuat sebuah paragraf tentang lingkungan dari
tayangan berita televisi
    2.
Menentukan kalimat utama dari sebuah paragraf tentang lingkungan 
    3. Membuat
pokok pikiran dari kalimat utama dalam sebuah paragraf  tentang lingkungan
D.   Tujuan
Pembelajaran
       Setelah melihat tayangan dari televisi siswa
mampu:
1.     
Membuat membuat sebuah paragraf tentang lingkungan
dari berita tayangan televisi.
2.     
Membuat kalimat utama dari sebuah paragraf
tentang lingkungan
3.     
Membuat pokok pikiran/ gagasan pokok dari
kalimat utama tentang lingkungan
E.   Materi
Ajar
 1.   Tayangan berita televisi
 2.   Koran
 3.   Buku klipping
F.    Pendekatan
/ Strategi / Metode
-  Pendekatan
  : Cooperative Integrated Reading composition
(CIRC) atau Kooperatif  Terpadu Membaca
dan Menulis
-      Strategi
        : Paikem berbasis TI dan CTL                                     
-      Metode
        : Tanya jawab, diskusi kelompok,
presentasi, dan penugasan
G.   Kegiatan
Pembelajaran
| 
      NO | 
KEGIATAN | 
DESKRIPSI
   KEGIATAN | 
ALOKASI WAKTU | 
| 
1 | 
Pendahuluan 
Apersepsi | 
-        
  Guru
  memberi salam dan mengajak berdoa 
-        
  Hormat
  bendera, menyanyikan salah satu lagu wajib 
-        
  Mengecek
  kehadiran peserta didik 
-        
  Guru
  bertanya
  keadaan siswa menunjukkan impati/simpati 
-        
  Guru menyampaikan tujuan
  pembelajaran tentang berita dari televisi dan memberikan motivasi manfaat
  tujuan pembelajaran tentang berita dari televisi | 
5 menit | 
| 
2 | 
Inti | 
Eksplorasi: 
  ( Menanyakan pelajaran yang lalu tentang
  paragraf) 
 - Guru membagi kelompok menjadi 4 kelompok. 
-
  Siswa berkelompok sesuai    
  kelompoknya. 
Elaborasi: 
-
  Guru memutarkan tayangan berita dari Televisi 
- Siswa bekerja sama saling berdiskusi, dan membuat
  paragraf dari tayangan televisi tentang pencemaran lingkungan. 
- Siswa melanjutkan berdiskusi dan bekerja sama
  membuat kalimat utama. 
- siswa melanjutkan berdiskusi dan bekerja sama
  membuat ide pokok dari kalimat utama  
- Siswa mempresentasikan hasil
  kelompok. 
Konfirmasi: 
- Guru dan siswa bersama-sama
  menyimpulkan hasil presentasi kelompok disertai dengan tanya jawab hal-hal
  yang belum diketahui. | 
 15 menit | 
| 
3 | 
Penutup | 
-        
  Guru memberikan RTL 
-        
  Guru
  memberi penguatan kepada siswa tentang pembelajaran yang telah diikuti
  yaitu materi pelajaran yaitu membuat paragraf lalu dicari kalimat utamannya
  kemudian dicari pokok pikiran. 
-        
  Guru
  memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapat
  tentang pembelajaran yang telah diikuti 
-        
  Salam,
  motivasi, dan penutup  | 
5 menit | 
H.
  Penilaian 
       1.    Penilaian produk hasil kelompok
       2.    Penilaian sikap selama bekerja kelompok
       3.    Produk laporan berupa klipping 
I.
    Sumber dan Media Pembelajaran 
       1.   Bacaan, koran/majalah.
       2.  
Tayangan Televisi di LCD
| 
Mengetahui  
Kepala SDN 02
  JATEN | 
Jaten, 26 Pebruari
  2016  
Guru Kelas IV B | 
| 
NANIK
  SARWIGIYATNI, S.Pd. 
  NIP.19600421
  198012 2 006             | 
     
  SRI HANDAYANI, S.Pd., M.Pd. 
         NIP 19671102 200501 2007 | 
|  |  | 
 
 






 
 
 
 
0 komentar:
Posting Komentar