Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 02 JATEN
Kelas/Semester : VI B/I (satu)
Tema : Makluk Hidup
Sub Tema : Lingkungan
Pembelajaran : Bahasa Indonesia
Waktu : 25 menit
A. Standar Kompetensi
4.
Menulis
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,
ringkasan, dialog, dan parafrase.
B.
Kompetensi Dasar
4.2.
Membuat ringkasan dari teks
C. Indikator
1. Membuat sebuah paragraf tentang lingkungan dari
tayangan berita televisi
2.
Menentukan kalimat utama dari sebuah paragraf tentang lingkungan
3. Membuat
pokok pikiran dari kalimat utama dalam sebuah paragraf tentang lingkungan
D. Tujuan
Pembelajaran
Setelah melihat tayangan dari televisi siswa
mampu:
1.
Membuat membuat sebuah paragraf tentang lingkungan
dari berita tayangan televisi.
2.
Membuat kalimat utama dari sebuah paragraf
tentang lingkungan
3.
Membuat pokok pikiran/ gagasan pokok dari
kalimat utama tentang lingkungan
E. Materi
Ajar
1. Tayangan berita televisi
2. Koran
3. Buku klipping
F. Pendekatan
/ Strategi / Metode
- Pendekatan
: Cooperative Integrated Reading composition
(CIRC) atau Kooperatif Terpadu Membaca
dan Menulis
- Strategi
: Paikem berbasis TI dan CTL
- Metode
: Tanya jawab, diskusi kelompok,
presentasi, dan penugasan
G. Kegiatan
Pembelajaran
NO
|
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
Apersepsi
|
-
Guru
memberi salam dan mengajak berdoa
-
Hormat
bendera, menyanyikan salah satu lagu wajib
-
Mengecek
kehadiran peserta didik
-
Guru
bertanya
keadaan siswa menunjukkan impati/simpati
-
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran tentang berita dari televisi dan memberikan motivasi manfaat
tujuan pembelajaran tentang berita dari televisi
|
5 menit
|
2
|
Inti
|
Eksplorasi:
( Menanyakan pelajaran yang lalu tentang
paragraf)
- Guru membagi kelompok menjadi 4 kelompok.
-
Siswa berkelompok sesuai
kelompoknya.
Elaborasi:
-
Guru memutarkan tayangan berita dari Televisi
- Siswa bekerja sama saling berdiskusi, dan membuat
paragraf dari tayangan televisi tentang pencemaran lingkungan.
- Siswa melanjutkan berdiskusi dan bekerja sama
membuat kalimat utama.
- siswa melanjutkan berdiskusi dan bekerja sama
membuat ide pokok dari kalimat utama
- Siswa mempresentasikan hasil
kelompok.
Konfirmasi:
- Guru dan siswa bersama-sama
menyimpulkan hasil presentasi kelompok disertai dengan tanya jawab hal-hal
yang belum diketahui.
|
15 menit
|
3
|
Penutup
|
-
Guru memberikan RTL
-
Guru
memberi penguatan kepada siswa tentang pembelajaran yang telah diikuti
yaitu materi pelajaran yaitu membuat paragraf lalu dicari kalimat utamannya
kemudian dicari pokok pikiran.
-
Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapat
tentang pembelajaran yang telah diikuti
-
Salam,
motivasi, dan penutup
|
5 menit
|
H.
Penilaian
1. Penilaian produk hasil kelompok
2. Penilaian sikap selama bekerja kelompok
3. Produk laporan berupa klipping
I.
Sumber dan Media Pembelajaran
1. Bacaan, koran/majalah.
2.
Tayangan Televisi di LCD
Mengetahui
Kepala SDN 02
JATEN
|
Jaten, 26 Pebruari
2016
Guru Kelas IV B
|
NANIK
SARWIGIYATNI, S.Pd.
NIP.19600421
198012 2 006
|
SRI HANDAYANI, S.Pd., M.Pd.
NIP 19671102 200501 2007
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar